Minggu, 08 April 2012

manusia & cinta kasih

Cinta kasih adalah perasaan kasih sayang atas sesama. Cinta semacam ini adalah perasaan saling menghargai antara satu dengan lain, tidak memperdulikan perbedaan-perbedaan yang ada diantara kita. Cinta kasih membutuhkan ketulusan dan pengorbanan dan rasa saling toleran antara satu dengan yang lainnya.

Cinta kasih bukanlah perasaan menyukai atau rasa ingin memiliki, tetapi cinta kasih adalah rasa saling menghormati dan rasa saling menghargai walaupun kita mempunyai banyak perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Jika kita mempunyai rasa cinta kasih terhadap sesama, maka akan melahirkan perdamaian di dunia atau pun di lingkungan sekitar kita.

Cinta kasih bisa dicontohkan dengan adanya sikap toleransi, misalnya kita mempunyai teman yang berbeda agama, maka kita harus menghormati keyakinannya dan menghargai perbedaan itu, agar kita tidak saling memusuhi.

Saling bermusuhan tidak akan menciptakan kedamaian dalam diri kita. Kita harus menghormatinya sebagaimana dia menghormati kita. Kita harus menghargainya sebagaimana dia menghargai kita.

Kedamaian di dunia tidak akan tercipta tanpa adanya cinta kasih. Cinta kasih tidak akan tercipa tanpa adanya ras saling menghormati dan menghargai dan juga sikap toleransi. Setiap perbedaan akan melahirkan keberagaman yang sangat indah jika kita renungkan, perbedaan akan menjadikan dunia ini semakin berwarna, dan hanya dengan cinta kasihlah kita dapat memahami arti perbedaan itu.

Cinta kasih adalah ajaran utama bagi manusia. Setiap manusia yang ada di dunia dilahirkan dari perasaan cinta kasih antara kedua orang tua kita, dan begitupun sebaliknya, kita hanya akan bisa membalas cinta kasih kedua orang tua kita dengan cinta kasih kita.

Jika kita ingin hidup aman dan damai di dunia ini, ciptakanlah rasa saling peduli, saling tolong menolong, dan juga membantu orang lain yang sedang kesusahan. Cinta kasih bisa diwujudkan dengan memberi sumbangan kepada orang yang tidak mampu, memberi pertolongan kepada orang yang sangat membutuhkan, memberi perhatian kepada orang yang dikesampingkan, dan juga mengangkat martabat orang-orang yang tertindas.

Begitu banyak kekacauan di dunia ini yang ditimbulkan oleh tidak adanya rasa cinta kasih terhadap sesama kita. Padahal, jika kita saling menghargai dan menebarkan rasa cinta kasih kita kepada orang lain, maka orang lain juga akan menebarkan rasa cinta kasihnya kepada kita.

Oleh sebab itulah, selalu tebarkan rasa cinta kasih kita kepada orang lain, agar kedamaian selalu tercinta di lingkungan kita ataupun di dunia kita. Kedamaian hanya akan tercipta dengan adanya rasa cinta kasih terhadap sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar